Khasiat Buah Naga yang Luar Biasa

Buah naga kini mudah ditemukan di toko buah dan supermarket. Buah naga berbentuk unik dan menarik, dengan kulit buah yang bersisik seperti naga. Kandungan air yang melimpah dalam buah naga dapat berguna sebagai pencuci mulut yang lezat. Buah ini kaya akan serat hingga mencapai 0,9 gram per 100 gram, berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah kolesterol.

Khasiat Buah Naga yang Luar Biasa
Buah ini sering disebut kaktus manis. Tanaman yang menghasilkan buah naga adalah kaktus pemanjat (Hylocereus undatus).

Jika kaktus ini dicabut dari tanah, masih dapat hidup sebagai epifit, yang menyerap air dan mineral lewat akar udara yang muncul di batangnya. Bunganya mekar di malam hari, dengan musim panen sekitar Juli sampai November.

Buah naga memiliki berbagai variasi spesies, seperti buah naga merah (Hylocereus polyrhizus), buah naga putih (Hylocereus undatus), buah naga  super merah (Hylocereus costaricensis), dan buah naga kuning (Selenicerius megalanthus).

Buah naga putih memiliki ukurannya yang paling besar dari jenis lainnya, dan lebih segar karena rasa masam dari buah ini sangat khas. Sedangkan di Malaysia dan Singapura, buah naga merah lebih disukai karena lebih manis dari jenis lainnya.


Khasiat Buah Naga yang Luar Biasa


Serat pangan dalam buah naga mampu menyingkat waktu transit yang dimulai sejak makanan masuk melalui rongga mulut sampai sisa makanan dikeluarkan dari tubuh kita. Serat ini juga berguna untuk mengikat zat-zat karsinogenik, penyebab sel kanker.

Serat pangan yang terdapat dalam buah naga juga dapat mencegah diabetes melitus, mencegah stroke, penyakit jantung, dan gangguan kardiovaskular lainnya. Sayangnya, konsumsi serat oleh masyarakat kita masih rendah dan belum memenuhi asupan harian yang dianjurkan.

Betakaroten dalam buah naga adalah provitamin A, yang akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin ini berguna untuk penglihatan, reproduksi, dan metabolisme dalam tubuh lainnya.

Betakaroten adalah antioksidan yang mampu untuk mengurangi jumlah radikal peroksil, disebabkan oleh kemampuannya untuk menstabilkan radikal yang memiliki inti karbon. Betakaroten juga efektif sebagai vitamin pencegah kanker, terutama kanker kulit dan paru-paru.

Buah naga juga berguna untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi tekanan emosi dan menetralisir racun dalam darah. Selain itu, buah ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, meningkatkan kerja otak, dan menguatkan fungsi tulang dan ginjal.

Buah naga merupakan sumber vitamin B1 dan mineral yang baik. Kedua nutrisi ini dibutuhkan oleh wanita hamil dan menyusui.

Tiamin dalam buah naga berperan sebagai penghasil energi. Kekurangan tiamin dapat menyebabkan penyakit beri-beri kering (polyneuritis), karena transmisi saraf mengalami kekurangan energi. Gejalanya seperti lelah, menurunnya nafsu makan, dan gangguan pencernaan.

Buah naga juga kaya akan zat besi, kalium, protein, dan kalsium yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut mampu menetralisir racun dalam darah, mencegah hipertensi, dan meningkatkan daya penglihatan.

Demikian khasiat buah naga bagi kesehatan yang sungguh menakjubkan. Apakah anda menyukai jus buah ini? Simak juga Berbagai Khasiat Durian Untuk Kesehatan.
Judul: Khasiat Buah Naga yang Luar Biasa
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design