Berbagai Khasiat Temulawak Untuk Pengobatan

Di antara berbagai tanaman obat yang ada, temulawak merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat untuk pengobatan terkait zat aktif di dalamnya. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) adalah tumbuhan yang memiliki batang semu dan hidup bertahun-tahun, bunganya lebar dan pendek berwarna putih atau kuning tua dengan pangkalnya keunguan.


Berbagai Khasiat Temulawak Untuk Pengobatan
Temulawak berkhasiat untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, seperti gangguan liver, meningkatkan produksi cairan empedu, mencegah hepatitis, membantu pencernaan, mengatasi radang lambung, mengobati gangguan ginjal, dll.

Selain itu, zat dalam temulawak juga mampu menurunkan kolesterol tinggi, mengatasi anemia, melancarkan aliran darah, membantu mengobati malaria, campak, demam, pegal linu, sakit pinggang, rematik, pelancar haid, mengatasi keputihan, ambeien, sembelit, menambah nafsu makan, mengobati batuk, radang tenggorokan, asma, radang saluran nafas, eksim, radang kulit, jerawat, meningkatkan stamina, dan mencegah batu empedu.

Berbagai Khasiat Temulawak Untuk Pengobatan


Ramuan tradisional dengan temulawak untuk pengobatan

1. Untuk mengobati maag: Iris serimpang temulawak dan biarkan terkena angin sebentar, lalu rebus bersama 7 gelas air hingga mendidih kemudian saring. Minum airnya setiap har, masing-masing sebanyak 1 gelas. Minum ramuan tradisional ini secara teratur.

2. Untuk mengobati asma: 1,5 rimpang temulawak dirajang dan keringkan. Kemudian rebus bersama 5 gelas air ditambah sepotong gula aren hingga mendidih dan tersisa 3 gelas, kemudian saring. Minum airnya dengan rutin.

3. Untuk mengatasi gangguan liver, sediakan 30 gr daun serut dan 25 gr temulawak. Rebus keduanya dengan 600 cc air sampai tersisa setengahnya, saring kemudian minum airnya selagi hangat.

4. Untuk masuk angin dan mengobati sakit kepala: Iris temulawak, lalu keringkan dan tumbuk sampai halus dan berubah menjadi tepung. Rebus sebanayk 2 genggam tepung temulawak bersama 5 gelas air hingga mendidih dan airnya tinggal 3 gelas, lalu saring. Minum ramuan ini untuk meredakan sakit kepala.

5. Untuk mengobati rematik, radang sendi, dan pegal linu, ambil 20 gr jahe merah dan 25 gr temulawak. Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa separuh, saring dan minum airnya.

6. Untuk mengobati batu empedu, sediakan 30 gr meniran, 25 gr temulawak, dan gula aren. Rebus dengan 500 cc air hingga menyisakan 200 cc air, saring dan minum ramuan ini secara teratur.

7. Untuk melancarkan haid, haluskan 25 gr temulawak dan air menggunakan blender, saring lalu minum bersama madu.

8. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, sediakan 20 gr temulawak kering lalu tumbuk hingga halus dan seduh dengan air panas. Minum selagi hangat.

9. Untuk mengobati batuk dan radang saluran nafas, parut 25 gr temulawak dan tambahkan air masak. Setelah disaring, tambahkan madu dan air perasan jeruk nipis, lalu diminum.

10. Untuk mengobati radang lambung, 30 gr temulawak dipotong-potong lalu rebus bersama 500 cc air hingga menyisakan 200 cc air saja, saring dan minum airnya untuk meredakan radang lambung.

11. Untuk menambah nafsu makan, sediakan 10 gr asam jawa, 25 gr temulawak, dan gula merah. Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga airnya menyusut separuh, saring dan minum.

Xanthorrhizol dalam temulawak efektif untuk mematikan bakteri patogen penyebab karang gigi. Xanthorrizol memiliki sifat anti kariogenik dan anti inflammatory. Senyawa ini tidak berwarna, tidak volatil (menguap), tidak berbau, tahan panas dan keasaman.

Xanthorrhizol mampu melawan bakteri Streptococcus mutans, penyebab karies gigi. Bahkan hanya dalam hitungan menit. Xanthorrhizol juga punya kemampuan dalam membasmi Porphyromonas gingivalis dan Actinomyces viscosus, penyebab penyakit periodontitis (gigi berdarah dan gigi tanggal). Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi.

Demikian 11 khasiat temulawak sebagai obat tradisional yang mampu mengobati berbagai penyakit. Semoga bermanfaat.
Judul: Berbagai Khasiat Temulawak Untuk Pengobatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design