Sejuta Manfaat Daun Sirih

Daun sirih sangat akrab di telinga kita. Tumbuhannya dapat merambat di pekarangan rumah maupun kebun. Manfaat daun sirih ternyata sangat menakjubkan.

Ada sejumlah sirih yang dikenal di masyarakat kita. Seperti, sirih jawa (daunnya lembut, tidak tajam, warna hijau rumput), sirih belanda (daunnya besar, hijau tuam, baunya tajam), sirih cengkeh (bentuknya kecil, daun berwarna kuning, rasanya seperti cengkeh), sirih kuning, dan sirih hitam.


Sejuta Manfaat Daun Sirih
Sirih memiliki berbagai zat penting yang berkhasiat untuk pengobatan alami. Diantaranya, hidroksikavicol, minyak atsiri, kavicol, allylpyrokatekol, cyneole, kavibetol, caryophyllene, estragol, terpennena, cadinene, seskuiterpena, fenil propana, diastase, tanin, gula, dan pati.

Beberapa zat aktif yang ada pada tanaman sirih berguna untuk menstimulasi saraf pusat, meningkatkan daya pikir, mengobati kejang, meningkatkan gerakan peristaltik, dan mengatasi kebiasaan mendengkur.

Sejuta Manfaat Daun Sirih


Daun sirih juga bermanfaat untuk mematikan jamur Candida albicans, memiliki sifat anestetik, analgesik, meredakan kejang pada otot polos, mengobati keputihan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan anti diare.

Tanaman sirih juga mampu digunakan untuk mengatasiobati batuk, menghilangkan bau badan, mengobati luka bakar, bronchitis, mimisan, bisul, koreng dan gatal-gatal, mata gatal dan merah, menghentikan pendarahan gusi, mengatasi sariawan, menghilangkan bau mulut, mengobati jerawat, dan mengurangi produksi ASI yang berlebih.

Ramuan alami menggunakan Sirih


Untuk obat batuk, rebus 15 lembar daun sirih dengan 3 gelas air hingga tersisa 3/4- bagian, minum bersama madu. Untuk mengobati bronkitis, sebanyak 7 lembar daun sirih dan sepotong gula batu direbus dengan 2 gelas air hingga menyisakan segelas, minum setiap hari tiga kali masing-masing sebanyak 1/3 gelas. Untuk menghilangkan bau badan, rebus 5 lembar daun sirih dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas, minum di siang hari.

Obat luka bakar, peras daun sirih yang masih segar kemudian tambahkan sedikit madu, balurkan pada kulit yang terkena luka bakar. Untuk menghentikan mimisan, lumatkan daun sirih muda lalu gulung untuk menyumbat lubang hidung yang berdarah. Untuk mengobati bisul, giling daun sirih hingga halus, oleskan pada kulit yang timbul bisul, lalu balut. Ramuan diganti dua kali dalam sehari.

Untuk mengatasi mata gatal dan merah, rebus 5-6 lembar daun sirih dengan segelas air hingga mendidih. Setelah agak dingin, cuci mata anda dengan airnya. Lakukan cara alami ini 3 kali dalam sehari sampai sembuh.

Untuk mengobati koreng dan gatal-gatal, rebus 20 lembar sirih selama beberapa menit. Gunakan air rebusannya selagi hangat untuk mencuci kulit yang korengan. Untuk menghentikan pendarahan gusi, rebus 4 lembar sirih dengan 2 gelas air kemudian gunakan untuk kumur. Sebagai obat sariawan, kunyah daun sirih segar hingga benar-benar lumat, lalu ampasnya dibuang.

Untuk menghilangkan bau mulut, remas-remas sirih sebanyak 4 lembar, kemudian diseduh dan dipakai untuk berkumur. Sebagai obat jerawat, 7-10 lembar daun sirih ditumbuk sampai halus, kemudian diseduh dengan 2 gelas air panas. Airnya digunakan untuk mencuci wajah yang berjerawat. Sehari dilakukan 2-3 kali.

Untuk obat keputihan, rebus sebanyak 10 lembar daun sirih ke dalam 2,5 liter air. Ketika airnya hangat, dipakai untuk mencuci bagian yang bermasalah. Untuk mengurangi produksi ASI yang berlebih, olesi daun sirih dengan minyak kelapa kemudian panaskan di atas api hingga menjadi layu, hangat-hangat tempelkan di pada penghasil ASi yang bengkak.

Itulah sejuta manfaat daun sirih untuk pengobatan. Masih banyak yang belum disebutkan, Mungkin anda memiliki pengalaman dengan daun ini? Silahkan isi komentar.
Judul: Sejuta Manfaat Daun Sirih
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design