Khasiat Sirih Merah Untuk Pengobatan Alami

Tanaman sirih merah sebenarnya mudah untuk tumbuh. Cukup dengan menancapkan batang sirih yang ada tunasnya pada tanah yang lembab dan tidak terkena paparan matahari secara langsung. Jika terkena sinar matahari, batang dan daun sirih merah akan menjadi layu dan akhirnya mati.

Sirih merah (Piper Crocatum) adalah salah satu jenis sirih yang tumbuh dengan merambat dan daunnya berbentuk seperti hati berwarna merah, biasanya hidup di dataran tinggi.


Khasiat Sirih Merah
Sirih merah telah digunakan oleh masyarakat jawa sejak lama. Sirih merah memiliki andil di dunia kesehatan dan kecantikan. Sirih merah efektif dalam mengobati berbagai penyakit dan sering juga digunakan sebagai alat kosmetik untuk merawat kecantikan wanita sejak zaman dulu.

Kandungan kimia pada sirih merah

Sirih merah mengandung berbagai zat aktif seperti flavonoid, polivenol, minyak atsiri, saponin, alkoloid, tanin, hidroksikaficol, kavicol, karvokrol, eugenol, kavibetol, allylprokatekol, P-cymene, cineole, ekstragol, terpenana, coryofelen, kadimen, dan fenil propoda.


Khasiat sirih merah Untuk Pengobatan Alami


Senyawa flavonoid dan polivenol dalam sirih merah bersifat antioksidan, antikanker, antideabetik, antiseptik dan antiflamasi. Senyawa alkoloid dalam sirih merah juga efektif sebagai penghambat tumbuhnya sel-sel kanker.

Suatu penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa rebusan daun sirih merah memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah, jika dikonsumsi dengan rutin. Selain bermanfaat untuk mengobati diabetes, sirih merah efektif untuk menyembuhkan sejumlah penyakit berat lainnya seperti hipertensi, radang prostat, radang liver, radang mata, maag, keputihan, kanker payu darah, dan nyeri sendi. Sirih merah juga sering digunakan sebagai alat kecantikan bagi putri keraton, untuk menghaluskan kulit mereka.

Senyawa karvakol dalam daun sirih merah berguna sebagai disenfektan dan anti jamur, sehingga dapat berguna sebagai obat kumur dan obat alami bagi keputihan. Senyawa eugenol dalam sirih merah mampu meredakan nyeri atau bersifat analgetik. Sedangkan tanin di dalam daun ini berfungsi sebagai pereda sakit perut khususnya diare, dan cukup efektif sebagai obat antiseptik untuk mengobati luka. Sirih merah tergolong tanaman bernilai ekonomis, bahkan beberapa lembar daunnya dapat dijual cukup mahal.

Efek samping sirih merah

Hingga kini, belum ada informasi yang terpercaya mengenai efek samping dari tanaman ini sebagai obat alami, namun untuk mencegah kemungkinan yang tidak diharapkan maka sirih merah tidak dianjurkan untuk para wanita hamil, menyusui dan bagi anak-anak kecil di bawah usia 7 tahun.

Ramuan tradisional menggunakan sirih merah

Untuk membuar ramuan herbal dengan daun sirih merah, caranya sebagai berikut ini:

1. Rebusan Sirih Merah

Ambil 3–5 lembar daun sirih merah yang masih segar, kemudian cuci dan rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih dan airnya menyusut menjadi 1 gelas saja. Dinginkan air rebusan ini dan minum 3 kali sebelum makan, setiap hari. Tambahkan madu, untuk mengurangi rasanya yang pahit dan getir.

2. Teh Sirih Merah

Bagi anda yang tidak punya cukup waktu untuk membuat rebusan sirih merah, ada cara praktis untuk membuat ramuan sirih merah. Caranya dengan konsumsi ekstrak sirih merah yang telah dikeringkan. Cukup dengan menyeduh atau merendam daunnya bersama segelas air panas dan biarkan sampai air berubah warna. Minum selagi hangat dengan menambahkan madu atau gula merah.

Itulah khasiat dan manfaat sirih untuk mengobati berbagai penyakit berat ataupun ringan. Tanamlah tumbuhan ini di pekarangan rumah anda, atau dalam sebuah pot yang ditaruh di dekat tempat air. Semoga bermanfaat bagi semua
.
Judul: Khasiat Sirih Merah Untuk Pengobatan Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design