12 Khasiat dan Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan

Buah kedondong berbentuk bulat memanjang, kulitnya berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi kekuningan, setelah tua hijau. Buah kedondong (Spondias puinata) memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

12 Khasiat dan Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan
Kandungan kimia dalam buah kedondong

Daun dan batang kedondong mengandung senyawa penting seperti saponin, tanin, dan flavonoida.


12 Khasiat dan Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan


1. Mengobati anemia

Sering makan kedondong dapat mengatasi anemia atau kurang darah. Dalam100 gr kedondong menyediakan sekitar 30 mg zat besi, sangat menunjang pembentukan sel darah merah.

2. Mengobati diare dan sariawan

Untuk mengatasi sariawan dan diare: ambil15 gram kulit batang kedondong, kemudian potong-potong dan rebus bersama 2 gelas air selama 15 menit,  minum airnya dua kali dalam sehari.

3. Mencegah penyakit jantung

Kedondong diperkaya dengan kalsium, salah satu mineral yang penting untuk mencegah penyakit jantung.

4. Mengobati batuk

Parut 3 buah kedondong, tambahkan sedikit air lalu peras. Tambahkan garam secukupnya, minum airnya sebanyak tiga kali dalam sehari.

5. Kesehatan mata

Buah kedondong juga dilengkapi dengan vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan indera penglihatan. Vitamin A membantu menyampaikan objek yang diterima retina ke otak dalam bentuk gambar.

6. Penyembuhan luka

Vitamin A dalam kedondong ternyata juga membantu untuk menyehatkan jaringan tubuh kita. Vitamin ini membantu dalam proses penyembuhan luka.

7. Meningkatkan imunitas

Buah kedondong juga memiliki unsur sukrosa yang baik untuk menjaga stamina dan kekebalan tubuh.

8. Menjaga kadar kolesterol

Vitamin C pada buah kedondong juga berperan dalam metabolisme kolesterol, yang akan mengubahnya menjadi asam empedu. Dengan manfaat ini, akan mencegah kenaikan kadar kolesterol darah dan mengendapnya batu empedu.

9. Menguatkan tulang dan gigi

Buah kedondong juga mengandung fosfor yang tinggi, sehingga berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.

10. Pemulihan tubuh

Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah kedondong ternyata juga membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu atlit untuk proses pemulihan tubuhnya, setelah latihan berat.


Manfaat Buah Kedondong Bagi Kecantikan


Pada 100 gram buah kedondong menyediakan 30-50 mg vitamin C, dimana vitamin ini sangat dibutuhkan untuk regenerasi kulit dengan cara memacu produksi kolagen yang memegang peranan dalam menjaga elastisitas kulit.

11. Mencegah penuaan dini

Vitamin C tidak hanya berlimpah pada buah kiwi dan mangga, namun kedondong juga mengandung antioksidan ini. Vitamin C dalam kedondong mampu melindungi protein, karbohidrat, lipid (lemak), dan asam nukleat dari kerusakan oleh radikal bebas, polusi, dan racun. Radikal bebas adalah penyebab utama terjadinya penuaan dini.

12. Menurunkan berat badan

Buah kedondong memiliki 0,83-3,60 mg serat tiap 100 gram, jumlah tinggi dan baik untuk melancarkan saluran cerna.Pilih buah kedondong yang agak mentah, karena lebih tinggi kandungan serat dan airnya daripada bauh matang.

Nah, itulah 12 Khasiat dan manfaat buah kedondong bagi kesehatan dan kecantikan. Buah ini banyak tersedia di toko buah, pasar, dan lainnya. Meskipun harganya murah ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Simak juga: Khasiat Buah Naga yang Luar Biasa
Judul: 12 Khasiat dan Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design