8 Manfaat Bunga Mawar Untuk Wanita

Semua wanita muda pastinya menyukai bunga-bungaan. Keharuman dan keindahan bunga yang tumbuh secara alami tentu memikat perhatian wanita. Salah satu bunga yang wanginya menyerbak dan menusuk dan hidung adalah mawar. Bunga ini sering digunakan sebagai bahan kosmetik untuk kecantikan.

8 Manfaat Bunga Mawar Untuk Wanita
Bunga mawar memiliki banyak varietas yang tergolong ke dalam Rosaceae. Seiiring perkembangan teknologi, membuat keluarga mawar ini makin beragam seperti mawar ungu, hitam dan campuran dari beberapa warna.

Begitu juga kelopak bunganya pun makin variatif, dari yang kelopak tunggal, ganda hingga kuntum yang bertumpuk-tumpuk.


5 Manfaat Bunga Mawar Bagi Wanita


Minyak mawar telah digunakan sebagai bahan tradisional untuk merawat kulit. Minyak alami ini aman untuk semua tipe kulit. Minyak mawar kaya akan omega-3 dan omega-6, yang sangat efektif untuk mengobati kulit kering, pecah-pecah, kasar, sensitif, dan penuaan kulit.

Mawar banyak mengandung vitamin A dan vitamin C, efek tonik, yang mampu mengurangi kemerahan pada kulit akibat iritasi, pembesaran pembuluh kapiler, luka bakar, dan peradangan pada kulit.

Aroma mawar menenangkan saraf dan baik untuk mengurangi tekanan emosional dan psikologis, juga depresi.


Khasiat bunga Mawar


Di balik keelokan bunga mawar, ternyata tersimpan berbagai khasiat untuk pengobatan alami. Banyak restoran di Bangkok, yang menyediakan meu makanan yang terbuat dari bunga mawar.
Bunga mawar aman untuk dikonsumsi. Minyak atsiri di dalamnya mengandung geraniol dan limonene yang memiliki sifat antiseptik, pembunuh jamur candida albican yang menjadi penyebab keputihan dan menambah imunitas. Aroma bunga mawar juga sering digunakan sebagai aromaterapi, yang berguna untuk menenangkan dan meningkatkan mood. Kelopak bunganya dapat ditambahkan pada minuman untuk mengharumkan teh.

Manfaat mawar dapat dikelompokkan dalam beberapa penggunaan, antara lain:

1. Mawar untuk tanaman hias pot (outdoor and indoor).

Untuk keperluan ini, umumnya lebih digunakan pohon yang ukurannya tidak terlalu tinggi, baunya harum, ukuran bunganya besar.

Contohnya : kelompok mawar mawar kuno (Old Roses), Polyantha (Baby Roses), mawar pohon (Tree Roses) dan mawar bonsai (Miniature Roses)

2. Mawar sebagai tanaman hias (outdoor).

Manfaat ini terutama berasal dari bau dan bentuk bunganya, warna dan bentuk kanopi tanamannya. Sehingga harus dipangkas setiap waktu, untuk mempertahankan keindahan bentuknya, dan mempercepat pembentukan bunga.

Yang sering digunakan seperti mawar kuno (Old Roses), mawar Hybrid Perpetual, mawar pagar (Climbing Roses), (Hybrid Perpetual Roses), mawar semak (Shrub Roses), dan mawar teh (Tea Roses).

3. Mawar sebagai bunga potong

Untuk keperluan ini, diutamakan mawar yang memiliki tangkai panjang dan tidak gampang patah, bunganya memiliki bentuk yang indah, ukuran bunga proporsional, kuntum mahkota bunganya rangkap (sehingga tidak mudah rontok dan lebih awet kesegarannya), bunganya agak lambat mekar, dan warna bunga yang indah.

Contohnya : kelompok mawar Floribunda, mawar Holland (Rosa indica fragrans hybrids) atau mawar Hybrid Tea, dan mawar Grandiflora. Atau juga kelompok mawar Polyantha.

4. Mawar sebagai bahan makanan dan minuman

Kelopak bunga mawar (petal) dapat diolah menjadi selai, sirup, selai dan vitamin tambahan yang disertakan pada makanan olahan.

5. Mawar sebagai bahan parfum

Hampir semua jenis mawar dapat digunakan sebagai bahan baku parfum (ekstrak minyak mawar), asalkan memiliki bau wangi yang kuat dan mengandung senyawa kimia penting seperti sitral, geraniol, sitronelol, linalol, eugenol, nerol, farnesol, dan nonilaldehid (untuk bahan jamu tradisional).

Untuk bahan parfum yang sering digunakan termasuk jenis mawar teh (Tea Roses).

Nah, itulah 5 manfaat bunga mawar bagi wanita dan berbagai manfaat lainnya. Jadi, tidak rugi jika bunga ini menghiasi pekarangan rumah anda. Baca juga Cara Menebalkan Rambut Secara Alami.
Judul: 8 Manfaat Bunga Mawar Untuk Wanita
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design