9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Pengobatan Alami

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan terutama disebabkan oleh vitamin, mineral, dan asam organik yang ada di dalamnya. Semua nutrisi berguna untuk mengobati beberapa penyakit berat, termasuk kanker, wasir, bisul, eksim, sakit liver, sakit pinggang, rematik, dll. Buah sirsak (Annona muricata) memiliki aroma khas, dan bentuk yang unik dengan duri-duri pada kulit luar buahnya.


9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Pengobatan Alami
Fakta nutrisi dari buah sirsak

Buah sirsak mengandung banyak air, karbohidrat, glukosa, fruktosa, dan rendah lemak. Rasa masam pada buah sirsak disebabkan oleh asam organik non volatil, khususnya asam sitrat, asam malat, dan asam isositrat.

Vitamin terbanyak dalam buah sirsak adalah vitamin C. Makan buah sirsak sebanyak 300 gram telah mencukupi kebutuhan vitamin C harian, antioksidan yang mampu untuk menghambat proses penuaan.

Mineral yang paling dominan adalah kalsium dan fosfor. Keduanya penting untuk membentuk massa tulang, sehingga mencegah osteoporosis. Buah sirsak juga dilengkapi dengan komponen non gizi, seperti serat pangan dan senyawa fitokimia.

Senyawa fitokimia berguna dalam pengobatan batu empedu, asam urat, sembelit, dan menambah selera makan.


9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Pengobatan Alami


Penelitian oleh Purdue University menunjukkan bahwa daun sirsak mampu mematikan sel kanker secara efektif, khususnya sel kanker prostat, paru-paru, dan pankreas. Senyawa ini melawan sel kanker dengan aman dan efektif, tanpa efek samping seperti rasa mual dan rambut rontok. Pengobatan alami ini lebih baik daripada terapi kemo.

Daun sirsak juga melindungi sistem imunitas tubuh dan mencegah infeksi yang berbahaya bagi tubuh. Berikut manfaat daun sirsak untuk pengobatan alami:

1. Mengatasi Sakit Pinggang

Untuk meringankan sakit pinggan, rebus 20 lembar daun sirsak bersama 5 gelas air hingga mendidih dan menyisakan 3 gelas saja. Minum airnya setiap hari sebanyak 3/4 gelas.

2. Mencegah dan melawan kanker

Rebus 10 lembar daun sirsak tua bersama 3 gelas air sampai menyisakan segelas saja, minum di pagi dan sore hari selama dua minggu. Daun sirsak memiliki efek kemoterapi yang baik, karena tidak membunuh sel-sel yang normal.

3. Mengobati Diare pada bayi

Jika bayi anda mengalami diare/ mencret, obati dengan buah sirsak. Caranya, peras buah sirsak dan saring untuk mengambil airnya. Minumkan 2-3 sdm sari buah sirsak pada bayi anda untuk menyembuhkan diare.

4. Mengobati Bisul

Untuk mengobati bisul, tumbuk daun sirsak yang masih muda, balurkan pada area yang timbul bisul.

5. Mengobati Ambeien

Untuk mngobati wasir, peras buah sirsak matang. Minum segelas sari sirsak sebanyak 2 kali dalam sehari, setiap pagi dan sore hari.

6. Mengobati anyang-anyangan

Untuk meredakan anyang-anyangan, kupas buah sirsak setengah matang. Rebus buah sirsak dan gula secukupnya ke dalam  panci berisi 2 gelas air, kemudian saring dan minum selagi hangat.

7. Mengobati penyakit Liver

Untuk mengatasi penyakit hepatitis, kurangi semua makanan lain dan perbanyak minum jus buah sirsak dengan rutin hingga penyakit sembuh.

8. Mengobati nyeri pada kandung kemih

Sediakan buah sirsak setengah matang, gula merah, dan sedikit garam. Rebus semua bahan sehingga menjadi kolak. Makan kolak ini dengan rutin setiap hari selama seminggu berturut-turut.

9. Mengobati Eksim dan Rematik

Untuk mengatasi kedua masalah kesehatan ini, tumbuk daun sirsak hingga lumat kemudian tempelkan pada tempat yang sakit.

Nah, itulah 9 manfaat Buah Sirsak untuk Pengobatan Alami. Mungkin anda punya pengalaman dengan buah sirsak sebagai obat alami. Silahkan tulis di kolom komentar. Simak juga 12 Manfaat Buah Kedondong bagi Kesehatan.
Judul: 9 Manfaat Buah Sirsak Untuk Pengobatan Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design