Penyebab Mata Berair dan Gatal

Mata berair dan gatal tentu sangat mengganggu rasanya, apalagi sampai membasahi wajah. Padahal anda tidak sedang menangisi kepergian kekasih atau ditertawakan oleh orang lain. Mata yang basah berair pada waktu yang tidak dikehendaki, dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti angin kencang, paparan debu, atau akibat bau parfum yang terlalu tajam yang terhirup sehingga memicu keluarnya air mata.

Penyebab Mata Berair
Kondisi ini harus mendapat perhatian lebih, jika mata berair disertai gatal dan kemerahan. Kemungkinan adanya infeksi bakteri atau virus yang membuat mata meradang. Mata merah berair dan gatal sering disebabkan oleh infeksi virus.

Faktor penyebab lainnya adalah adanya rosacea, yaitu kondisi kulit yang berakibat mata menjadi merah. Penyebab lainnya termasuk defisiensi vitamin B2 (riboflavin), yang sering menyebabkan mata berair.

Pada kondisi serius, mata berair dapat menunjukkan adanya penyakit berat seperti polip hidung, saluran air mata yang tersumbat sehingga air menggenang, atau mungkin juga penyakit Graves.

Mata berair dapat mengarah kepada masalah mata kering. Karena air mata yang berfungsi untuk melembabkan mata dan menutrisi mata, tidak mampu melekat di bola mata yang pada akhirnya tumpah keluar dan semakin lama bola mata menjadi kering.


Penyebab Mata Berair dan Gatal


Menurut The Penn State Milton S. Hershey Medical Center bahwa sejumlah partikel udara yang umum ini, dapat menyebabkan mata berair:

  • Penularan dari hewan peliharaan dan hewan lainnya.
  • Pengganggu non-allergenic, seperti asap tembakau dan polusi udara.
  • Peradangan pada folikel rambut mata.
  • Alergen seperti debu, sari serbuk, spora jamur, dan lainnya.
  • Tersumbatnya saluran pembuangan air mata.
  • Terkena iritasi.
  • Infeksi pada selaput membran bola mata.
  • Kelopak mata tidak tertutup sempurna.
  • Iritasi akibat gesekan dengan benda lain.
  • Bulu mata yang tumbuh ke arah bola mata.
  • Tertawa, marah dan menangis secara berlebihan.

Pengobatan yang diberikan untuk masalah mata berair sesuai dengan faktor penyebabnya. Jika penyebab akibat sindrom mata kering ataupun infeksi, maka dapat diobati dengan obat tetes mata tradisional seperti rebusan daun sirih.

Tetapi jika disebabkan oleh gangguan pada aliran air mata, maka harus ditangani oleh dokter yang biasanya dilakukan dengan membuka sumbatan melalui prosedur pembedahan. Dokter mata biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, untuk menangani gangguan ini.

Demikian penyebab mata berair dan gatal. Cobalah menggunakan bahan tradisional terlebih dahulu, jika tidak ada kemajuan maka segera konsultasi dengan dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat.
Judul: Penyebab Mata Berair dan Gatal
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design