Inilah Aturan Lari Pagi yang Benar!

Masyarakat modern cenderung memiliki rutinitas yang sangat padat dan aktivitas yang banyak menyita waktu, maka kesehatan tubuh sering diabaikan. Ketika kondisi tubuh mulai rapuh dan stamina menurun, akhirnya jatuh sakit. Dalam keadaan seperti itu, seseorang akan merasakan pentingnya olahraga. Salah satu olahraga yang memliki multi manfaat adalah lari pagi.

keyword2
Manfaat lari pagi bagi kesehatan tidak diragukan lagi. Namun, ada bahaya yang serius jika latihan dilakukan tidak sesuai dengan aturan yang benar. Seperti apa aturan lari pagi?

Lari adalah olahraga murah yang tidak memerlukan perlengkapan rumit. Lari pagi dapat dilakukan oleh siapa pun, tanpa memandang usia tua atau muda.

Menurut seorang pelari marathon dan penulis buku the "Exercise Prescription for Depression and Anxiety" yang bernama Dr. Keith W. Johnsgard, lari pagi akan mencegah stres dan depresi. Aliran darah yang baik akan membuat fikiran seseorang menjadi lebih tenang, sehingga terhindar dari stres.

Produksi hormon beta-endorphin saat berlari akan membantu meningkatkan suasana hati. Penelitian yang diadakan di Universitas Melbourne Australia, menunjukkan bahwa wanita hamil yang berolahraga lari dengan rutin maka jarang gelisah dan memiliki kesehatan psikologi yang baik. Namun wanita hamil harus konsultasi dengan dokter, sebelum lari pagi.


Inilah Aturan Lari Pagi yang Benar!


Jangan terlalu jauh

Pelari maraton harus menambah asupan gizi untuk mencegah kerusakan tulang. Tim peneliti dari University of East London telah melakukan penelitian terhadap kepadatan tulang belakang dan pinggul pada 52 wanita yang berlari sejauh 70 kilometer dalam seminggu. Hasilnya, wanita yang lebih sering berlari, memiliki massa tulang lebih rendah daripada mereka yang menempuh jarak lebih pendek.

Jogging dengan teratur bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Berikut ini adalah keuntungan Jogging:

Menguatkan jantung, karena peredaran darah dan pernafasan menjadi lancar.
Meredakan depresi.
Baik untuk sistem cerna dan membantu untuk mencegah masalah pencernaan.
Membuat aktivitas lebih aktif.
Mengembalikan selera makan.
Jogging mampu membakar lemak, sehingga mengatasi kegemukan.
Jogging bermanfaat untuk mengencangkan otot paha dan punggung.
Meningkatkan kualitas tidur.

Jogging dapat menyehatkan fisik dan mental, jika dilakukan dengan benar. Anda akan merasakan angin lembut bertiup menerpa tubuh, suara burung berkicau, dan keindahan alam lain.


Rute dan sesi jogging

Jogging dapat ditempuh dalam jarak panjang sekitar 2-20 km dengan kecepatan biasa, atau pada jarak 3-6 km dengan kecepatan tinggi.

Lakukan Jogging dengan bergerak lambat pada beberapa ratus meter, untuk pemanasan otot. Kemudian tingkatkan kecepatan Anda secara bertahap. Setelah melewati setengah rute, larilah lebih cepat sesuai kemampuan anda.

Pakaian dan sepatu

Pilih pakaian yang tidak terlalu ketat, untuk membuat keringat dapat mengalir keluar dari tubuh. Gunakan sepatu yang lembut dan nyaman, dan cocok untuk kaki. Pilih alas sepatu yang lentur dan dapat ditekuk, sehingga pergerakan kaki lebih mudah. Sepatu ini mencegah terpeleset.

Waktu dan intensitas jogging

Jika anda tidak melakukan olahraga lainnya, jogging dapat dilakukan tiap 2 hari sekali. Frekuensi ini telah memadai untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Namun jika dikombinasikan dengan olahraga lain, maka jogging sebaiknya dilakukan dua kali dalam seminggu.

Bagaimana memulai jogging?

Pertama, berlari-lari di tempat selama sekitar 10 menit. Kemudian tambah jaraknya, waktu dan kecepatan setelah anda biasa melakukan jogging.

Sebelum memulai jogging, silahkan konsultasi dengan dokter. Jika ada masalah kesehatan, dokter akan memberikan saran yang tepat.
Judul: Inilah Aturan Lari Pagi yang Benar!
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

6 comments :

perdiana said...

maaf saya mau bertanya, kekalo sehabis lari lutut, punggung dan leher saya besdoknya tersas kaku?

perdiana said...

kenapa kalo sehabis lari lutut, dan leher saya besoknya terasa kaku?

norma afia said...

mungkin karna bru pertama atau blm trbiasa. Coba yang teratur :)

Sunoto Agung Wibowo said...

Lari pagi sambil dengerin musik dangdut, eh eh....

Sri wahyuni said...

Lari pagi untuk orang diet ada, ada gak cara lari pagi menambah berat badan,,

Unknown said...

Olahraga lari..selain murah.bisa menyehatkan lagi ..awalnya badanku pegal2.tapi lama kelamaan sudah terbiasa...butuh waktu betapa lama ya badan bisa menjadi kencang?

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design