7 Manfaat Jintan Hitam Untuk Pengobatan

Manfaat Jinten hitam, rempah dengan nama lain habbatussauda memang sangat luar biasa. Biji jintan hitam berbentuk butiran bulat bewarna hitam, sejak lama digunakan untuk pengobatan terhadap berbagai jenis penyakit, untuk menjaga stamina dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ramuan jinten hitam banyak dikenal di Mesir, India, dan seluruh dunia. Jinten hitam sering digunakan sebagai bumbu masakan dengan rasa agak pedas, sehingga cocok untuk menggantikan lada. Jinten hitam tersedia dalam bentuk ekstrak biji, kapsul, dan biji utuh.


7 Manfaat Jintan Hitam untuk Pengobatan


Di balik bentuknya yang kecil, jinten hitam memiliki sekitar 100 senyawa kimia (seperti protein, vitamin, asam lemak, mineral, karbohidrat, dll). Berikut ini adalah manfaat jinten hitam untuk pengobatan:


7 Manfaat Jintan Hitam Untuk Pengobatan
1. Meningkatkan imunitas tubuh

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan konsumsi 1 gram kapsul jinten hitam dua kali dalam sehari selama sebulan dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga sebesar 72 persen. Efektifitas jintan hitam termasuk untuk mengobati pilek, influenza, dan AIDS.

2. Menjaga kinerja otak

Jinten hitam mengandung omega 6 dan 3, yang menutrisi sel otak sehingga meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Jintan hitam juga mampu melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh anak kecil dan lansia.

3. Mengatasi gangguan perut

Jinten hitam dapat digunakan untuk meredakan gangguan perut seperti perut kembung dan sembelit. Jinten hitam juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan, dan mematikan cacing usus.

4. Mengobati asma dan alergi

Senyawa Crystalline nigellone dalam  jintan hitam mengandung protein kinase C, yang mampu untuk menghambat pelepasan histamin. Konsumsi jintan hitam dapat mengurangi alergi pada pasien asma, bronchitis, dan alergi lainnya tanpa menimbulkan efek samping.

5. Mengobati peradangan

Jintan hitam memiliki thymoquinine yang bersifat anti-inflamasi kuat. Salep yang terbuat dari minyak jintan hitam mampu mengobati jerawat yang meradang, dan mengatasi peradangan pada sendi.

6. Mengobati kanker

Jintan hitam mengandung asam lemak yang mampu menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam meningkatkan produktivitas sel tulang sumsum dan interferon, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel normal.

7. Meningkatkan produksi ASI

Jintan hitam baik untuk ibu yang menyusui bayinya, disebabkan oleh adanya hormon lipid dan unsur lain di dalamnya. Jintan hitam juga mengandung arginine, yang mendukung pertumbuhan bayi.


Cara menggunakan biji jinten hitam


Biji jintan hitam dapat dikonsumsi dengan cara menyeduhnya ke dalam cangkir berisi air panas. Biarkan selama 20 menit, selanjutnya teh jinten hitam telah siap untuk diminum. Anda juga dapat memperoleh manfaat jintan hitam dengan cara menyeduh serbuknya ke dalam air hangat. Minum bersama madu, akan memberikan keuntungan bagi kesehatan anda.

Peringatan

Bagi ibu hamil sebaiknya hindari konsumsi biji jintan hitam secara berlebih, karena dapat menyebabkan kontraksi rahim yang membahayakan janinnya.

Nah, itulah 7 manfaat biji jintan hitam untuk pengobatan dan efek sampingnya. Jadi, tidak ada salahnya jika anda menyediakan rempah ini di rumah.
Judul: 7 Manfaat Jintan Hitam Untuk Pengobatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

1 comments :

uii profile said...

saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design