8 Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat lidah buaya atau Aloevera memang tidak dapat disangkal, disebabkan oleh sifat antibiotik dan anti virus di dalam gelnya. Lidah buaya adalah tanaman obat yang mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit, dan sering digunakan dalam dunia kecantikan khususnya keindahan rambut.

8 Manfaat Lidah Buaya Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Fakta Nutrisi dalam lidah buaya

Menurut seorang ahli gizi, jenis lidah buaya terbaik dari sekitar 200 varietas yang disebut Aloevera Barbadensis miller. Varietas ini memiliki 72 zat yang penting bagi tubuh.

Nutrisi tersebut termasuk vitamin, lemak, karbohidrat, air, mineral, dan enzim. Lidah buaya juga memiliki sifat antiseptik, antikanker, antivirus, , antibakteri, anti jamur, anti infeksi, anti inflamasi, anti parkinson, dan anti aterosklerosis.

Lidah buaya juga mengandung sejumlah vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B12, C, dan E. Mineral yang ditemukan di dalamnya temasuk kalsium, potasium, magnesium, sodium, zinc, zat besi, dan kromium. Lidah buaya juga dilengkapi dengan beberapa enzim penting seperti amylase, cellulose, catalase, carboxypeptidase, brandykinase, dan carboxyhelolase. Semua enzim ini baik untuk proses metabolisme.

Nutrisi lain yang terdapat di dalam lidah buaya adalah berbagai jenis asam amino, seperti analine, valine, serine, arginine, asparatic acid, asparagin, glutamat, glycine, threonine, lycine, proline, yrozine, histidine, leucine, dan isoliucine. Lidah buaya juda diperkaya dengan dan asam folat, kolin, dan inositol.


8 Manfaat Lidah Buaya Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Lidah buaya telah digunakan untuk mengobati kemerahan pada kulit, sejak 1522 SM di Mesir. Sedangkan di Indonesia, lidah buaya telah diketahu manfaatnya sejak ratusan tahun silam khususnya untuk mengatasi kerontokan, menghitamkan dan menyuburkan rambut. Berikut ini adalah manfaat lidah buaya, untuk pengobatan terhadap berbagai penyakit:

1. Mengobati luka usus

Mengonsumsi makanan dengan tekstur keras terlalu sering, dapat memicu naiknya asam lambung. Dengan mengkonsumsi lidah buaya setiap hari, diyakini mampu untuk mengobati luka usus. Hal ini disebabkan oleh saponin dalam lidah buaya yang dapat membersihkan usus dan bersifat antiseptik. Senyawa antrakuinon dalam aloe vera bersama zat lainnya berfungsi untuk memacu pertumbuhan sel-sel baru yang membentuk jaringan kulit.

2. Mengobati radang kulit

Radang kulit dapat timbul sebagai efek dari sinar-X sewaktu operasi, paparan sinar UV, atau luka akibat trauma. Cairan (gel) lidah buaya ternyata mampu untuk mengatasi masalah kulit ini.

3. Menyembuhkan penyakit ringan yang umum

Lidah buaya ternyata dapat meredakan berbagai penyakit yang sering terjadi pada anak-anak maupun orang tua, seperti demam, sembelit, maag, bisul, batuk, sariawan, ruam, radang tenggorokan, gigitan serangga, dan jerawat.

4. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat lidah buaya sebagai pelembab kulit telah diketahui sejak zaman Cleopatra. Bahkan, sekitar 70 persen produk kosmetik menggunakan bahan dari gel lidah buaya. Zat lignin dalam aloe vera mampu menembus dan meresap ke dalam kulit, yang pada akhirnya menghidrasi kulit anda. Sehingga mencegah kulit kering.


Ramuan tradisional menggunakan Lidah Buaya


Berikut ini adalah beberapa ramuan alami menggunakan lidah buaya untuk mengobati berbagai penyakit:

5. Mengobati ambeien dan sembelit

Parut lidah buaya, setelah dicuci. Tambahkan setengah gelas air panas, kemudian peras. Minum bersama 2 sdm madu, selagi hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Mengobati radang tenggorokan

Gel lidah buaya dicuci dan dipotong-potong. Minum bersama madu murni, tiga kali dalam sehari.

7. Batuk yang bandel

Cukup dengan makan 20 gram gel lidah buaya yang dicampur dengan sedikit madu murni. Lakukan setiap pagi dan sore, selama 10 hari untuk mengobati batuk.

8. Menyuburkan dan menghitamkan rambut

Caranya kupas lidah buaya untuk mendapatkan gelnya. Gosokkan gel lidah buaya pada kulit kepala, setelah keramas. Bungkus dengan topi mandi. Biarkan selama 3 jam sebelum rambut dicuci dengan sampo. Lakukan perawatan ini setiap hari selama tiga bulan.

Itulah 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan dan Kecantikan. Tanaman ini mudah ditanam di tanah yang tidak terlalu lembab ataupun kering. Banyak produk perawatan rambut yang menggunakan aloe vera sebagai bahan baku pembuatan. Jadi, tidak ada salahnya jika anda menanamnya dalam pot bunga di samping rumah anda.
Judul: 8 Manfaat Lidah Buaya untuk Pengobatan dan Kecantikan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design