Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Rambut yang hitam merupakan idaman bagi sebagian orang, baik itu untuk anak muda ataupun orang tua. Banyak model rambut menggunakan rambut warna hitam mengkilap untuk menyerasikan antara model rambut dengan penampilan. Untuk mendapatkan rambut yang hitam mengkilap, ada cara alami  yang tidak harus mengeluarkan banyak biaya, banyak cara menghitamkan secara alami yang dapat dicoba untuk mendapatkan rambut hitam mengkilat dan bercahaya dan tentunya dengan menerapkan cara tersebut biaya pengeluaran akan bisa ditekan semaksimal mungkin. Tentunya yang dipakai untuk perawatan menghitamkan rambut adalah mencari cara yang semurah mungkin akan tetapi hasil yang diperoleh harus semaksimal mungkin.

Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk cara alami menghitamkan rambut:

1. Menghitamkan rambut secara alami dengan cara memanfaatkan air teh basi.

Cara yang terbilang mudah dan ampuh ini terbukti dapat menjaga kesehatan rambut, membuat rambut hitam berkilau serta menghambat pertumbuhan uban. Khasiat yang terkandung dalam air teh basi akan memberikan nutrisi yang berguna jika digunakan secara teratur setiap hari.

Cara alami menghitamkan rambut indah anda dengan ramuan tradisional air teh sisa selain murah meriah tentu mudah dilakukan. Air teh yang digunakan haruslah sudah didiamkan semalaman agar khasiat di dalam daun teh dapat keluar secara alami.

Kandungan nutrisi yang berguna dalam selembar daun teh seperti zinc, vitamin dan kalsium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Yang perlu anda perhatikan adalah air teh yang digunakan adalah air teh basi yang sudah direndam dengan air panas kemudian didiamkan selama satu malam.

Kenapa harus didiamkan semalaman? Karena nutrisi alami yang bermanfaat untuk rambut akan keluar secara sempurna setelah direndam semalaman.


Bagaimana Cara Menghitamkan Rambut Dengan Air Teh Basi?

* Setiap pagi hari rambut dibasahi dengan air teh yang masih tertinggal di dapur (teh basi). Cara ini dilakukan secara teratur dan tidak pernah bosan, selain rambut menjadi hitam berkilau juga uban akan terhambat pertumbuhannya.

Cara menghitamkan rambut secara alami menggunakan ramuan tradisional teh basi dapat anda lakukan setiap pagi untuk menjaga kesehatan rambut indah anda. Rambut merupakan mahkota bagi anda khususnya wanita sehingga perlu dirawat dan dijaga keindahannya.

2. Anda juga bisa memanfaatkan biji buah pepaya untuk menghilangkan warna kusam pada rambut sehingga tampak lebih indah dan sehat.

pepaya

Biji pepaya sering sekali dilupakan manfaatnya untuk menghitamkan rambut, bahkan biji pepaya sering sekali dibuang begitu saja tanpa tahu manfaat sebenarnya. Biji pepaya memiliki potensi tersembunyi untuk menghitamkan rambut dan sejak jaman dahulu nenek moyang kita sudah mengetahui bahkan sudah menerapkan cara menghitamkan rambut secara alami dengan biji pepaya. Cara penggunaan biji pepaya untuk menghitamkan rambut :

a. siapkan biji pepaya secukupnya.
b. sangrai biji kelapa sampai kering.
c. tumbuk biji kelapa hasil sangrai.
d. hasil tumbukan biji kelapa kemudian diusapkan keseluruh permukaan rambut dengan menambahkan sedikit air.
e. diamkan sampai rambut kering, tunggu kurang lebih 10-30 menit.
f. cuci bersih rambut dengan air bersih atau shampo.

3. Bila anda memiliki masalah uban pada rambut yang dapat menggangu penampilan cantik anda, gunakan ramuan alami putih telur ayam kampung yang terbukti manjur mengatasi rambut beruban.

Ambillah putih telur dari sebutir telur ayam kampung yang telah dipisahkan dari kulit telur dan kuning telur, olehkan putih telur yang sudah disiapkan tadi pada rambut anda, dari akar rambut sampai dengan ujung rambut anda. lalu biarkan keadaan ini selama 10 sampai dengan 15menit lalu bilas rambut dan kepala anda sampai bersih lalu keramaslah setelah anda melakukan hal ini.


4. Minyak Kemiri


Cara menghitamkan rambut dengan kemiri sangat mudah. Kemiri cukup ditumbuk halus dan diperas untuk mendapatkan minyak kemirinya. Minyak kemiri tersebut kemudian dioleskan keseluruh bagian rambut dam biarkan sampai mengering. Setelah mengering cukup bilas dengan air bersih atau bisa juga digunakan shampo untuk lebih melembutkan rambut. Cara tersebut akan efektif apabila dilakukan secara berkala dan teratur setiap beberapa hari sekali.

5. Minyak buah ulin


Buah Ulin ini bekerja dari akar rambut, dengan memberikan gizi alami yang dibutuhkan oleh akar rambut. Oleh karena itu, proses yang diperlukan tidak secepat penghitam rambut yang menggunakan Zat kimia yang hasilnya instan.

Khasiat minyak buah ulin telah teruji selama ratusan tahun secara turun temurun di suku dayak.

Cara Pakai :

- Dalam kurun waktu 2 minggu dioleskan sebelum tidur setiap hari pada rambut sampai kulit kepala
-Setelah 2 minggu pemakaian dikurangi menjadi 2X seminggu
-Setelah itu pemakaian dikurangi secara bertahap

6. Alpukat


Buah alpukat sangat baik digunakan untuk rambut. Cara penggunaan cukup mudah, hanya dengan menghaluskan alpukat kemudian alpukat yang telah halus dioleskan keseluruh bagian rambut. Diamkan sampai rambut kering,  kemudian bilas dengan air bersih. Tips menghitamkan rambut dengan alpukat ini akan berjalan dengan baik dengan hasil yang maksimal apabila dilakukan secara rutin.

7. Merang Padi

Sebelum mengetahui manfaat merang padi untuk cara menghitamkan rambut alami, sebaiknya kita harus terlebih dahulu mengetahui apa itu merang padi. Merang padi merupakan tanaman padi yang telah dipanen padinya, kalau bahasa jawa sering disebut "dami". Merang padi gampang ditemukan ketika musim panen padi.


Cara penggunaan merang padi untuk menghitamkan rambut secara alami adalah:

a. siapkan merang padi secukupnya.
b. bakar merang padi hingga menjadi abu.
c. abu merang padi dicampur dengan air bersih dan jeruk nipis, dan diamkan semalam untuk memberi waktu abu merang padi bercampur dengan jeruk nipis.
d. saring campuran tersebut untuk mendapatkan air sarinya.
e. gunakan sari air tersebut untuk shampo mandi.
f. lakukan sedikitnya 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya selain dapat digunakan untuk perawatan rambut rontok juga bisa digunakan untuk menghitamkan rambut.


Cara perawatan rambut hitam menggunakan lidah buaya.

a. Ambil dan pilih lidah buaya yang memiliki ukuran daun yang besar.
b. Cuci sampe bersih lidah buaya yang telah diambil tadi.
c. Belah lidah buaya menjadi beberapa bagian.
d. Ambil jel yang terdapat pada belahan lidah buaya tadi (gel lidah buaya terletak di bagian dalam lidah buaya atau didalam kulit lidah buaya).
e. Gunakan gel yang telah diambil tadi untuk melumuri seluruh permukaan rambut dan permukaan kulit rambut.
f. Diamkan rambut dalam keadaan dilumuri gel lidah buaya selama kurang lebih 15-20 menit.
g. Bersihkan rambut sampai bersih dari gel lidah buaya.
h. Lakukan langkah 1-7 secara rutin 

9. Mengkudu

Mengkudu merupakan buah yang ajaib yang multi fungsi, salah satunya untuk menghitamkan rambut. Selain mengobati kerontokan dan menghaluskan tesktur rambut.


Caranya:

a. Pilih mengkudu yang matang, potong-potong kemudian hancurkan dengan blender.
b. Campurkan kuning telur bebek, aduk rata hingga menyerupai masker.
c. Oleskan ramuan pada rambut yang masih basah setelah keramas.
d. Diamkan 10 menit.
e. Bilas rambut sampai benar-benar bersih.

10. Menggunakan Daun Mangkok

Tidak banyak orang yang tahu akan manfaat dari khasiat daun mangkok ini, daun ini dapat dimanfaatkan untuk penampilan yang bagus untuk rambut anda.


Caranya : ambilah 10 sampai 15 lembar daun mangkok ini lalu haluskan daun mangkok ini, setelah anda menggiling daun ini sampai halus maka tambahkan sedikit air lalu olehkan pada rambut anda sampai merata dari akar hingga ujung rambut anda, diamkan selama 10 sampai 15 menit lalu bersihkan dan kemudian anda disarankan untuk keramas lakukan hal ini secara rutin 1kali dalam seminggu.

11. Menggunakan Santan Kelapa


Ambilah santan kelapa secukupnya sesuai untuk rambut anda pendek atau panjang (sesuaikan sendiri), yang digunakan adalah santan kental, lalu gunakan santan kental ini untuk rambut anda, oleskan santan kental dari akar hingga ujung rambut anda, lalu diamkan selama 30 menit kemudian keramaslah untuk membersihkan rambut anda, lakukanlah secara rutin maka rambut anda akan menjadi lebih hitam dan tidak mudah rontok.

12. Menggunakan Madu

Sudah diketahui dan dipercayai bahwa madu memiliki khasiat yang baik untuk rambut, madu digunakan untuk membuat rambut lebih hitam dan cantik.


Caranya adalah ambilah madu kemudian oleskan pada rambut anda dalam keadaan masih basah karena sudah selesai keramas (bukan dalam keadaan tidak bersih kemudian dibasahkan yah kawan-kawan), setelah dioleskan hingga merata maka diamkanlah selama 10 sampai 15menit setelah itu cuci sampai bersih,lebih baik dilakukan secara rutin minimal 1kali dalam seminggu.

13. Menggunakan Daun Pandan


Caranya: ambilah 7 lembar daun pandan kemudian potong dan rebus dengan 1 liter air sampai warnanya menjadi hijau kemudian embunkan air rebusan tersebut semalaman, saat pagi hari ambil lalu campurkan dengan air hasil perasan 3 buah mengkudu. Setelah dicampur, cucilah rambut anda menggunakan air ini, lakukan hal ini 3 kali seminggu secara rutin sampai anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

14. Menggunakan Bunga Sepatu


Caranya adalah rendam kelopak bunga sepatu ini ke dalam air, kemudian remas-remas sampai kelopak bunga sepatu menggeluarkan lendir, gunakan lendir ini ke rambut anda (keadaan rambut sudah dicuci/keramas bersih), biarkanlah sampai semalam, kemudian esok pagi cuci rambut anda sampai bersih, bunga sepatu juga dipercaya dapat membuat rambut lebih licin juga dapat menyejukkan kulit kepala.

Moga bermanfaat

source: 
akusehatku.blogspot.com
tipsperawatanrambutrontok.blogspot.com
terbaru6.blogspot.com
Judul: Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design