9 Manfaat Bunga Melati Untuk Pengobatan Alami

Bunga melati memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, terkait nutrisi dan zat penting di dalamnya. Bunga yang berbau harum dengan bentuk mungil dan indah ini, sering dijadikan sebagai bahan kosmetik untuk kecantikan. Semua wanita tentunya menyukai melati.

9 Manfaat Bunga Melati untuk Pengobatan Alami
Bunga melati dengan nama latin Jasminum Sambac atau jasmine, dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti sesak nafas, sakit mata, sakit kepala, demam, bengkak akibat sengatan lebah, dan mengontrol ASI yang berlebihan.

Melati sering digunakan sebagai riasan pengantin dan campuran minum teh, melati juga memiliki manfaat kecantikan yang luar biasa. Nama lain dari melati adalah kembang melur (Jawa), malate (Madura), dan Menuh (Bali).


9 Manfaat Bunga Melati untuk Pengobatan Alami


Bunga melati mengandung berbagai senyawa kimia seperti indol, livalylacetaat, dan benzyl. Semua zat ini dapat bermanfaat untuk pengobatan terhadap berbagai gangguan dan masalah kesehatan. Berikut ini adalah manfaat melati untuk mengobati beberapa penyakit berat:

1. Mengobati Radang Ginjal

Untuk meredakan radang ginjal, rebus 15 gram daun kering melati ke dalam panci berisi 2 gelas air hingga berkurang separuhnya. Minum dua kali dalam sehari hingga air kencing yang keruh menjadi bening.

2. Mengobati radang usus

Untuk menyembuhkan radang usus, dapat menggunakan daun melati. Caranya, sediakan segenggam daun melati gambir (poncosuda atau melati hutan), rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa segelas saja. Saring, kemudian airnya diminum dua kali dalam sehari.

3. Mengurangi sesak napas

Untuk mengobati gangguan nafas, sediakan 20 lembar daun melati dan sedikit garam. Rebus kedua bahan dengan 3 gelas air hingga air menyusut segelas, kemudian saring. Tempelkan melati yang telah direbus ini, pada bagian yang bermasalah. Lakukan cara ini setiap pagi sebelum mandi.

4. Mengurangi ASI yang berlebihan

Untuk mengatasi masalah ini, tumbuk segenggam daun melati, kemudian tempelkan di bagian tubuh yang mengeluarkan ASI. Lakukan perawatan ini setiap pagi sebelum mandi.

5. Mengobati bengkak akibat sengatan lebah

Untuk mengatasi kulit bengkak akibat sengatan hewan berbisa, sediakan segenggam bunga melati. Remas bunga melati sampai halus, kemudian ditempel pada area tubuh yang disengat oleh lebah.

6. Mengobati demam dan sakit kepala

Untuk menurunkan demam dan meredakan sakit kepala, sediakan segenggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Cara membuat ramuan tradisional adalah dengan meremas-remas kedua bahan, kemudian rendam ke dalam wadah berisi air. Gunakan ramuan alami ini untuk mengompres dahi anda.

7. Mengobati pilek dan diare.

Untuk mengobati diare dan pilek, sediakan beberapa bahan alami seperti 4gr bunga melati, 4 gr teh hijau, dan 3 gr kapulaga. Rebus semua bahan bersama1,5 gelas air, hingga tersisa 1 gelas air saja. Minum airnya setiap hari selama 3 sampai 7 hari.

8. Mengobati mata belekan

Untuk mengatasi penyakit mata yang ringan seperti belek, mata teriritasi, dan mata merah, gunakan daun melati. Caranya, tumbuk segenggam daun melati hingga halus, kemudian balurkan pada dahi anda. Ganti ramuan alami ini dengan yang baru, jika kering. Ulangi perawatan ini sampai penyakit sembuh. Simak juga: 6 Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami

9. Membantu mengobati demam berdarah

Untuk mengobati penyakit DBD, caranya dengan merebus 1,25 gram belimbing dan 7 lembar daun melati bersama 250 ml air hingga tersisa segelas air saja. Suruh penderita demam berdarah untuk minum airnya. Lakukan pengobatan ini selama 3 hari berturut-turut,  dengan rutin.

Itulah 9 manfaat bunga melati untuk pengobatan alami. Bunga melati mudak ditanam dengan cara stek. Jadi, cobalah menanamnya di pekarangan rumah atau ditaruh dalam sebuah pot bunga.
Judul: 9 Manfaat Bunga Melati Untuk Pengobatan Alami
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design