9 Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Daun salam (Eugenia polyantha) bukanlah sekedar bumbu masakan khas indonesia, tapi juga kaya manfaat disebabkan adanya zat gizi dan non-gizi (fitronutrien) di dalamnya. Mulai dari penyakit hipertensi, asam urat tinggi, hingga kolesterol tinggi, dapat diobati dengan daun ini. Daun salam juga efektif untuk menurunkan berat badan. Benar-benar luar biasa, bukan?


9 Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Daun salam berbau harum sehingga meningkatkan citarasa masakan. Daun salam memiliki rasa kelat dan bersifat astrigen.Tanaman ini mengandung beberapa senyawa penting seperti minyak esensial (eugenol dan metil kavikol), tannin, flavonoida, dan minyak atsiri. Efek farmakologis dalam daun ini termasuk sebagai anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-cacing.

9 Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Berbagai nutrisi dalam salam efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Nah, berikut ini adalah khasiat daun salam untuk pengobatan penyakit:

1. Memutihkan gigi

Gigi anda kuning? Mungkin disebabkan malas menggosok gigi. Ada pasta gigi yang ampuh untuk membuat gigi lebih putih dan bersih. Daun salam dan kulit jeruk yang dijemur di bawah sinar matahari hingga kering, ditumbuk dan dicampur dengan air. Pasta alami ini dapat memutihkan gigi anda.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Ketika daya tahan tubuh menurun, aktivitas anda dapat terganggu. Untuk mengatasinya, cobalah cara yang mudah. Tambahkan daun salam yang dikeringkan, ke dalam masakan untuk membuatnya lebih harum. Zat alami di dalamnya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Menurunkan kadar gula darah dan kolesterol tinggi

Diabetes dan kolesterol tinggi dapat diatasi dengan cara tradisional. Rebus 15 lembar daun salam, bersama 3 gelas air hingga susut 2 gelas. Minum airnya di malam hari. Dengan rutin meminumnya, maka kolesterol tinggi dan diabetes dapat diobati.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi biasanya diderita oleh orang tua, atau mungkin akibat factor keturunan. Air rebusan daun salam juga efektif untuk mengobati hipertensi. Minum dengan rutin untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

5. Mengobati Kudis dan Gatal pada Kulit

Penyakit kudis bukan hanya membuat tidak nyaman penderita, tapi juga menimbulkan rasa malu yang luar biasa. Atasi dengan cara mudah. Cara menggunakannya, giling akarnya atau bagian tanaman salam yang lain sampai lembut. Terapkan pada kulit yang bermasalah.

6. Mengobati maag akut

Rasa nyeri yang menyiksa dialami oleh penderita sakit maag. Rebusan daun salam bersama gula enau dan air sangat berguna untuk meredakan perih dan sesak pada lambung.

7. Meredakan diare

Untuk mengobati diare dengan cepat, minum rebusan daun salam segar yang dicampur dengan sedikit garam. Minum dengan segera untuk menghentikan diare.

8. Mengatasi asam urat

Rasa sakit, bengkak, dan nyeri akibat penyakit asam urat dapat diatasi dengan daun salam. Cukup seduh daun keringnya dengan air panas, minum saat hangat.

Manfaat Daun Salam Untuk Kecantikan


9. Menurunkan berat badan

Ingin memiliki tubuh langsing dan ideal? Cobalah menggunakan daun salam. Manfaat daun salam untuk kecantikan termasuk untuk mengurangi berat badan yang berlebih. Rebus 25 lembar daunnya dengan seliter air. Angkat setelah airnya menjadi 2 gelas, lalu dinginkan. Minum di pagi dan malam hari, masing-masing segelas saja.

Nah, itulah 9 manfaat daun salam bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Daun salam mudah sekali ditemukan di kebun atau lading, terutama di pedesaan. Apalagi di Indonesia, tanaman ini sangat mudah untuk ditanam. Jadi, cobalah untuk menanamnya di halaman rumah atau pekarangan. Semoga menambah pengetahuan di dunia kesehatan dan kecantikan.
Judul: 9 Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design