Manfaat Daun Kemangi Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kemangi (Ocimum sanctum) sangat mudah ditemukan di sekitar kita, di kebun, ladang, atau di pinggiran jalan. Kemangi biasanya hanya dikonsumsi sebagai lalapan segar atau pelengkap masakan ikan dan ayam. Tahukah anda apa manfaat kemangi bagi kesehatan kita?


Manfaat Daun Kemangi Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Di Cina, kemangi sering dimanfaatkan sebagai obat sakit perut, infeksi, demam, bahkan sebagai anti kanker. Kemangi dan selasih memiliki aroma wangi yang dapat menngkatkan selera makan. Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang mampu menurunkan gula darah.

Kemangi juga mengandung zat flavonoid seperti vicenin dan orientin yang dapat melindungi struktur jaringan tubuh. Zat flavonoid seperti myrcene cineole, dan eugenol bertindak sebagai anti inflamasi dan antibiotik alami.

Manfaat Daun Kemangi Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Getah kemangi efektif sebagai obat sakit telinga dan sariawan. Daunnya dapat mengobati demam maupun sakit encok. Daun kemangi juga berguna untuk melancarkan sekresi urin, peluruh dahak, dan mengobati masuk angin. Bahkan, masalah bau badan dan bau mulut dapat dihilangkan dengan konsumsi lalapan ini.

Kemangi mengandung minyak atsiri (sineol dan anethol), apigenin, asam aspartat, boron, dan arginin. Minyak atsiri berkhasiat untuk memperbaiki suasana hati, melebarkan pembuluh darah kapiler, dan meningkatkan aktivitas saraf pusat.

Anethol yang terdapat dalam tanaman ini dapat meningkatkan imunitas tubuh. Senyawa apigenin berguna untuk mencegah koagulasi darah dalam tubuh, melebarkan pembuluh darah, dan mengurangi ketegangan otot polos

Berikut ini adalah ramuan tradisional menggunakan kemangi, untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

Panu

Tumbuk segenggam daun kemangi sampai halus, tambahkan sedikit air kapur sirih. Gosokkan pada kulit yang bermasalah, 2 kali dalam sehari.

Demam, mual, batuk, dan disentri

Untuk mengatasi mual, demam, dan disentri, seduh daun kemangi bersama secangkir air panas. Minum saat air hangat. Di sini kemangi berperan sebagai antipiretik. Anda dapat menambah madu untuk mengobati batuk bandel.

Sariawan

Kunyah segenggam kemangi sampai lembut selama 3 menit, kemudian telan airnya. Lanjutkan dengan minum air hangat. Lakukan cara ini, tiga kali sehari.

Kutil

Untuk menghilangkan kutil secara alami, gosokkan daun kemangi pada kulit yang tumbuh kutil setiap hari.

Bau mulut dan bau badan

Cukup dengan makan daun kemangi, beluntas, dan daun kunir dalam keadaan segar.

Dalam buku berjudul A Dictionary of Practical Material Medical, disebutkan bahwa ekstrak kemangi berkhasiat untuk mengobati batu ginjal dan albuminaria (adanya albumin dalam urin).

Menurut penelitian oleh Center for New Crops and Plant Products, kemangi dinyatakan ampuh untuk mengatasi pilek, penyakit cacingan, sakit kepala, dan sembelit. Demikian pula sebagai obat untuk meredakan sakit maag, masuk angin, perut kembung, kejang-kejang, dan letih.

Minyak atsiri yang terkandung dalam kemangi baik sebagai aroma terapi yang mampu menyegarkan tubuh. Minyak ini juga berkhasiat untuk mengatasi salah cerna makanan, infeksi usus, muntah-muntah, radang lambung, penumpukan gas di usus, migraine, sakit saluran hidung, otot kram, dan gangguan saraf (depresi, stres, histeria, insomnia, lemah saraf).

Bagi wanita, senyawa eugenol dalam kemangi mampu membunuh jamur penyebab keputihan. Kemangi bukanlah tumbuhan biasa, tapi sarat dengan manfaat kesehatan.

Apakah kemangi dapat memicu asam urat?

Senyawa aktif dalam kemangi justru dapat menurunkan kadar asam urat yang terlalu tinggi. Jadi, anggapan bahwa kemangi dapat mengakibatkan melonjaknya asam urat tidaklah benar.

Mungkin ke depannya, kemangi memiliki nilai komersial yang lebih tinggi di industri obat, parfum, kosmetik, dsb. Jadi, bukan sekedar pendamping pecel lele atau masakan pepes ikan saja. Simak juga: 9 Khasiat Daun Salam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga Bermanfaat.
Judul: Manfaat Daun Kemangi Yang Luar Biasa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design