Tips Melatih Bayi Untuk Berenang Dan Manfaatnya

Banyak orang tua merasa ragu untuk mengajari si kecil untuk  renang. Alasannya adalah takut tenggelam dan anak dapat saja minum air kolam. Sebenarnya banyak manfaat dari mengajari renang bagi anak sejak kecil. Renang bagi bayi berguna untuk mengembangkan ketrampilan fisik secara impresif di masa depan.

Tips melatih bayi untuk berenang dan manfaatnya
Penelitian oleh University of Science and Technology di Norwegia menemukan perbedaan antara bayi yang telah diajarkan berenang dengan bayi tidak diajari renang. Bayi yang mampu berenang memiliki keseimbangan tubuh yang lebih baik daripada bayi yang tidak dapat berenang.

Salah satu tips untuk melatih bayi berenang adalah mengajrinya tetap fokus, karena lemahnya konsentrasi bayi. Taruh mainan yang menarik di dekat kolam renang untuk membantu fokus bayi.


Tips melatih bayi untuk berenang dan manfaatnya


IQ anak-anak yang belajar renang sejak bayi umumnya lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak diajari berenang atau berenang setelah umurnya 5 tahun ke atas. Bayi lebih mudah diajari berenang daripada orang remaja, karena bayi tidak mengenal bahaya.

Sebenarnya, dengan memasukkan batita (bayi di bawah tiga tahun) ke dalam air, akan membuat bayi berenang mirip paddle dog yang tidak tenggelam. Namun, pastikan anda selalu mendampingi bayi saat berenang. Refleks bayi akan menurun secara bertahap, seiiring perubahan usianya.

Manfaat berenang bagi bayi termasuk memacu gerakan motorik, menghilangkan phobia terhadap air, dan menyehatkan badan.

Yayasan Nemours di Florida, memberikan tips supaya anak mahir berenang. Pertama, ajak anak yang telah berusia 4 tahun ke kolam renang. Setelah konsultasi dengan dokter, ajari anak anda untuk berenang dengan menggunakan pelampung. Selalu berada di dekat bayi, ketika ia mulai menggerak-gerakkan tubuhnya di dalam air.

Bayi telah berada dalam cairan ketuban sebelum mereka lahir ke dunia. Bayi telah punya insting untuk bergerak di dalam air tanpa takut tenggelam. Bayi berusia 4 bulan memiliki reflek menyelam yang mencegahnya menelan air ketika berada dalam air. Jadi, pada usia ini merupakan saat yang tepat untuk mengajarkan renang pada mereka.

Menurut studi yang dilakukan di Meubourne, anak-anak yang diajari renang ternyata mempunyai IQ lebih tinggi daripada mereka yang tidak mendapatkan latihan ini. Demikian pula, mereka lebih baik dalam pertumbuhan fisik, emosional ,dan kehidupan sosial.


Manfaat berenang pada bayi


  • Membantu perkembangan otot-otot bayi.
  • Menumbuhkan rasa bersosialisasi dengan orang lain.
  • Memacu pertumbuhan badan.
  • Membantu pertumbuhan sendi yang sehat.
  • Meningkatkan keberanian, percaya diri, dan kemandirian.

Nah, itulah tips melatih bayi untuk berenang dan manfaatnya. Selalu waspada, dan jaga bayi anda dengan baik ketika anda berenag bersamanya. Kebiasaan ini akan meningkatkan hubungan emosional dengannya, yang akan berdampak baik untuk perkembangan anak. Perhatikan kebersihan dan suhu air di dalam kolam, untuk mencegah muntah atau gangguan perut akibat air yang tertelan secara tidak sengaja oleh bayi.
Judul: Tips Melatih Bayi Untuk Berenang Dan Manfaatnya
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design