Manfaat Daun Singkong

Sudah bukan rahasia lagi kalau sayuran merupakan sumber zat gizi yaitu mineral, vitamin, dan protein. Di antara berbagai sayuran kandungan gizi daun singkong termasuk baik. Kandungan proteinnya yang tinggi merupakan sumber energi yang setara dengan karbohidrat. Dari penelitian terhadap 150 jenis singkong (yang disebut juga ketela pohon) diketahui, daun singkong dari jenis yang kandungan proteinnya paling rendah saja masih mengandung lebih dari 60% macam asam amino essensial !!

Di dalam tubuh, protein berfungsi sebagai unsur pembangun sel dan merupakan komponen enzim yang penting. Protein hewani umumnya memiliki kualitas protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan protein nabati. Namun, kontibusi protein nabati (tumbuhan) sangatlah penting karena banyak penduduk dunia yang tak mampu mendapatkan protein hewani. Di Indonesia singkong merupakan solusi alternatif untuk mengatasi kekurangan gizi. Tapi alangkah lebih baiknya kalau daun singkong dikombinasi dengan telur, tempe maupun ikan.

Dari berbagai analisis disebutkan, di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan oleh tubuh baik untuk: 


* Mengubah karbohidrat menjadi energi
* Membantu pemulihan kulit dan tulang
* Meningkatkan daya ingat, mood, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain.

Karenanya, ketika suatu saat berniat untuk membatasi asupan protein, perlu diperhatikan jangan sampai tubuh merasa kekurangan.

Daun singkong yang dikonsumsi secara rutin juga dapat mencegah aterosklerosis – penimbunan lemak di dinding pembuluh darah yang bisa berdampak padsa serangan jantung. Klorofil dalam daun singkong juga memiliki daya antioksidan dan antikanker. Yang tak kalah penting, kandungan serat pada daun singkong cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan buang air besar.

source: id.shvoong.com
Judul: Manfaat Daun Singkong
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design