Khasiat dan Manfaat Buah Gandaria

Kandungan Gizi Buah Gandaria

Kandungan Nutrisi Buah Gandaria per 100 gram buah menurut Divisi Nutrisi Depkes: air 86.6 g, protein 40 mg, lemak 20 mg, karbohidrat 11.3 g, serat 150 mg, calcium 9 mg, phosph 4 mg, zat besi 0.3 mg, Beta karotin 23 mg, thiamine 0.11 mg, riboflavin 0.05 mg, niacin 0.5 mg dan vitamin C 100 mg.

Khasiat dan Manfaat Buah Gandaria

Buah Gandaria adalah pohon buah-buahan yang populer, buahnya mirip buah mangga kecil. Walaupun rasanya agak asam, bahkan yang matang sekalipun, buah gandaria biasanya dikonsumsi dalam keadaan segar, atau diolah menjadi sirup atau dijadikan manisan (compote) yang lezat sekali.

Akan tetapi pemanfaatan buah mudanya lebih penting, yaitu merupakan bahan penyedap pada sambal gandaria yang khas, dan dalam asinan, serta keping bijinya yang berukuran besar dan berwarna lembayung cerah dapat meningkatkan daya tarik masakan. Seringkali daun mudanya yang berwarna ungu tua (warnanya putih sekali sewaktu mulai muncul) juga dikonsumsi segar, dimakan dengan sambal gandaria. Gandaria dianjurkan untuk ditanam di daerah transmigrasi di Sumatra karena hasil buahnya yang berlimpah dan perdaunannya yang rapat, sangat cocok sebagai pohon pelindung.

Khasiat dan Manfaat Buah Gandaria

Contoh Manfaat buah gandaria sebagi berikut :

Manisan Gandaria.

Gandaria mengkel dibelah dua, terus direndam semaleman dalam larutan air garam, tiriskan. Buat larutan gula (air + gula secukupnya sesuai selera + kalo suka tambahkan kayu manis batangan), didihkan, dinginkan. Rendam gandaria dalam larutan ini, simpan di lemari es, nikmati dingin beberapa jam kemudian.

Juice Gandaria.

Nah yang ini lebih gampang banget, tinggal iris2 gandaria ranum bagaikan iris mangga, masukin ke juicer, tambahkan gula sesuai selera, es batu dan susu kental manis jika suka, jalankan juicer. Selesai deh, selamat menikmati juice gandaria yang lezat.

dari berbagai sumber
Judul: Khasiat dan Manfaat Buah Gandaria
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design