Inilah Khasiat Anggur Hitam Bagi Kesehatan

Walaupun sering disebut sebagai anggur hitam (blackcurrant), ia sebenarnya bukanlah sejenis anggur, tetapi lebih dekat kepada buah jenis berri seperti blueberry dan strawberi. Ukurannya juga jauh lebih kecil dibanding anggur biasa, tetapi anggur hitam (blackcurrant) diakui sebagai salah satu sumber Vitamin C yang sangat tinggi.

Manfaat anggur hitam mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Kebanyakan mereka berpikir bahwa buah seperti apel, pisang dan strawberry yang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Inilah Khasiat Anggur Hitam Bagi Kesehatan

Buah anggur hitam memang tidak begitu populer dibandingkan buah seperti apel dan jeruk, akan tetapi khasiat yang dimiliki tak kalah hebatnya. 

Manfaatnya sangat beragam mulai dari menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh hingga sebagai sumber energi cadangan. Buah anggur sendiri mengandung berbagai macam zat yang baik untuk kesehatan diantaranya vitamin A, B, C, E, dan K. Buah ini hanya memiliki 30 kalori yang tidak akan membuat anda gemuk.

Buah anggur hitam amat terkenal memiliki nutrisi yang amat tinggi. Anggur hitam mempunyai kandungan vitamin, mineral dan bahan antioksida yang tinggi.

Anggur hitam mempunyai tahap vitamin dan mineral yang sungguh mengagumkan. Dari segi bahan antioksida dan Vitamin C, anggur hitam adalah salah satu sumber yang sangat tinggi.

Anggur hitam kaya dengan fitokimia yang dikenal antosianin, bermanfaat sebagai anti peradangan. Antosianin adalah pigmen tumbuhan yang memberikan buah anggur hitam sehingga warnanya gelap - semakin gelap warna buahnya, semakin tinggi kandungan antosianin dan semakin banyak manfaat antioksida yang terkandung di dalamnya.

Buah yang berwarna gelap ini padat dengan bahan antioksida dan secara ampuh terbukti memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Kajian menunjukkan bahwa bahan antioksida bisa mencegah berbagai jenis penyakit. Lebih kurang 100 gram buah anggur hitam mengandungi 30 kalori, serta padat dengan kandungan vitamin dan mineral.

Kandungan khasiat buah anggur hitam yang tinggi ini lebih maksimal jika diperah dan dibuat jus. Jus buah anggur hitam mempunyai rasa yang menyegarkan dan sesuai untuk diminum oleh semua lapisan umur, terutama anak-anak.

Di negara seperti New Zealand, buah anggur hitam hanya bisa dijumpai pada musim panas (bulan Desember hingga Februari setiap tahun). Oleh karena itu harga buah anggur hitam ini amatlah mahal.

Inilah Khasiat Anggur Hitam Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat anggur hitam:

Meringankan Penyakit jantung

Tingkat oksidasi darah pada penderita penyakit jantung dapat meningkat setelah mengkonsumsi anggur hitam. Buah ini juga mampu menurunkan resiko anda terkena penyakit jantung sebab oksidasi kolesterol jahat/ LDL bisa dihambat. Alhasil pembuluh darah anda pun tetap sehat.

Menjaga Kesehatan Organ Pankreas

Mereka yang menderita penyakit diabetes bisa menggunakan anggur hitam sebagai salah satu pengobatan herbal dari dalam. Buah ini adalah bahan makanan yang baik untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Mengatasi Gangguan ginjal

Ingin memiliki ginjal yang sehat? Jangan lupa makan anggur hitam sebagai buah pencuci mulut. Buah ini mampu menghilangkan kadar asam yang terlalu berlebihan pada ginjal.

Inilah Khasiat Anggur Hitam Bagi Kesehatan

Mengatasi Kelelahan

Manfaat anggur hitam selanjutnya berkenaan dengan rasa lelah yang dialami oleh tubuh. Bila anda adalah orang yang aktif dan sering melakukan kegiatan di luar ruangan, tak ada salahnya unuk me-recharge energi dengan mengkonsumsi anggur hitam. Anda bisa mengudapnya langsung ataupun mengolahnya menjadi jus buah. Kandungan zat besi dalam anggur yang tinggi efektif untuk mengusir kelelahan.

Meringankan gejala Asma

Asma bisa dipicu oleh beberapa faktor diantaranya karena alergi debu, serbuk sari, cuaca dingin, dll. Penyempitan pada saluran pernafasan ini membuat si penderita kesulitan bernafas. Buah anggur hitam bisa memberikan solusi yang baik sebab mampu meningkatkan kadar air dalam paru-paru.

Menurunkan kadar Asam Urat

Asam urat yang tinggi bisa berakibat fatal bagi tubuh. Selain membuat anda merasakan sakit dan nyeri pada persendian, bisa jadi akumulasi asam urat membuat anda terkena batu ginjal. Anggur dipercaya mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara nyata.

Inilah Khasiat Anggur Hitam Bagi Kesehatan

Meredakan Migrain

Bila sakit kepala sebelah sudah menjadi penyakit kambuhan, anda tak boleh diam saja. Mengkonsumsi obat pereda sakit kepala yang terus menerus tentunya akan menimbulkan efek samping seperti kerusakan pada hati. Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa minum jus anggur tanpa gula setiap hari secara rutin.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Banyak sekali gangguan pencernaan yang bisa membuat anda merasa tak nyaman misalnya sering buang air besar, perut kembung, dan sembelit. Untuk mengatasi masalah tersebut, gunakan anggur hitam. Manfaat anggur hitam yang satu ini bisa diperoleh karena kandungan gula, asam organik dan selulosanya yang merupakan obat pencahar alami untuk tubuh.

sumber:

USDA Plant profile for Ribes nigrum L.
European black currant, Traitler H, Winter H, Richli U, Ingenbleek Y. Characterization of gamma-linolenic acid in Ribes seed. Lipids. 1984 Dec;19(12):923-8,
McGee, William, M.D., M.H.A., Assistant Professor of Medicine and Surgery, Tufts University School of Medicine; Medical Encyclopedia: Ascorbic acid.

Wood, Rebecca. The Whole Foods Encyclopedia. New York, NY: Prentice-Hall Press; (1988).
Ensminger AH, Esminger M. K. J. e. al. Food for Health: A Nutrition Encyclopedia. Clovis, California: Pegus Press; 1986.
Food Standards Australia and New Zealand - www.foodstandards.gov.au.
Linus Pauling Institute at Oregon State university http://lpi.oregonstate.edu.
USDA Nutrient database.

www.superfruits.org, cafeberita.com
Judul: Inilah Khasiat Anggur Hitam Bagi Kesehatan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design