Benarkah Jagung Bisa Turunkan Hipertensi?

Jagung Bakar
source image: resepmasakanindonesia.info
Penyakit Tekanan Darah Tinggi (hypertensi) membuat penderitanya harus mengurangi  beberapa jenis makanan ataupun minuman tertentu. Jika tidak segera diatasi, serta pola makan dan gaya hidup yang terlanjur salah dan dipertahankan. Kurang olahraga dan beberapa faktor penyebab lainnya. Maka bisa memicu timbulnya penyakit2 lain yang lebih berbahaya (Baca juga Gejala stroke dan solusinya).

Maka sudah seharusnya bagi penderita penyakit tersebut untuk melakukan upaya pengobatan. Nah di sini yang kita bahas adalah cara menurunkan hipertensi dengan resep alami dan mudah didapat.

Jagung (Zea mays L) sangat tidak asing bagi kita semua. Apalagi jika dibakar pada saat udara dingin. Hmm,, nikmat sekali. Tahukah anda,, dibalik kenikmatan rasanya ternyata jagung bisa dijadikan obat penurun tekanan darah tinggi?. Tanaman yang termasuk jenis tumbuhan rumput-rumputan, juga termasuk makanan pokok bagi sebagian orang ini memiliki 3 kandungan yang bisa dimanfaatkan:

1. Kandungan kalium yang tinggi terutama pada rambut dan tongkol mudanya berkhasiat sebagai diuretik (memperlancar air seni).
2. Kandungan thiamin bisa mengeringkan luka seperti misalnya luka pada cacar air.
3. Kandungan fosfor baik untuk tulang dan gigi.

Kegunaan:

* Melancarkan air seni

50 g rambut jagung segar dicuci, direbus dengan air 1 l air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.

* Ginjal, batu ginjal

Segenggam rambut jagung, 4 tongkol jagung muda, 8 helai daun keji beling, dicuci bersih dan direbus dengan ½ l air sampai airnya tinggal setengah. Saring dan diminum sekaligus.

* Hipertensi

Segenggam rambut jagung dicuci, direbus dengan 1 l air. Air rebusannya diminum 2 kali sehari. Setelah tekanan darah turun ramuan ini tetap diminum 1 kali sehari.

* Diabetes

50 g rambut jagung dicuci, direbus dengan 2 gelas air. Air rebusan ini diminum 2 kali sehari.

* Melancarkan ASI

Beberapa biji jagung tua disangrai sampai meretak dan garing. Makan sebagai kudapan. Atau makan jagung rebus oke juga.

* Rakhitis

Jagung dicuci, direbus, lalu dimakan 2 kali sehari.

* Batu empedu

5 tongkol jagung, 20 helai daun kumis kucing dicuci, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal ¾. Diminum sekaligus pada siang hari.

* Cacar air

10 jagung muda diparut lalu diborehkan ke luka bekas cacar air. Ulangi selama beberapa hari.

* Diare

Tongkol jagung dicuci, ditumbuk sampai halus. Seduh dengan segelas air. Minum ramuan ini 2 x sehari.

Moga bermanfaat.

source: intisari-online.com
Judul: Benarkah Jagung Bisa Turunkan Hipertensi?
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 comments :

 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design