Tanda - Tanda Kena Kolesterol Tinggi

Tubuh kita memang butuh kolesterol, dan telah terpenuhi dengan baik. Karena 80 % kolesterol dihasilkan dari organ hati dan 20 % sisanya dari makanan. Jadi asupan kolesterol dari luar tubuh tidak diperlukan lagi.

Dikarenakan pola makan yang salah serta gaya hidup modern, maka bisa berakibat kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol ukurannya 160-200 mg masuk kategori normal, sedangkan jika sudah di atas 240 mg maka masuk kondisi berbahaya karena bisa menyebabkan stroke.

Tak jarang, tidak ada gejala khusus bagi orang yang mengalami kolesterol tinggi, namun ada tanda2 nya:

* Rasa sakit atau pegal pada bagian tengkuk kepala sebelah belakang.
* Pegal ini juga sampai ke pundak
* Kaki bengkak2
* Mudah capek
* Mudah mengantuk.

Dengan tes laboraorium dapat diketahui apakah orang menderita kolesterol tinggi atau tidak. Seperti dikutip Livestrong, kondisi-kondisi yang ditimbulkan akibat kolesterol tinggi dapat membuat orang lebih mudah lelah (capek). Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Dan yang paling buruk adalah, gumpalan2 lemak dapat menyumbat peredaran darah sehingga dapat memicu kematian akibat serangan jantung atau stroke.

Ratusan juta orang di dunia mengalami kolesterol tinggi. Rata2 penyebabnya adalah makanan. Namun ada juga penyebab lain yg perlu anda tahu.

7 pemicu kolesterol tinggi yang dialami kebanyakan orang seperti dilansir dari health.com adalah:

1. Pada Makanan

Biasanya berasal dari lemak hewani; daging kambing, meski ada juga yang berasal dari lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa. Demikian juga telur, meski kita anggap baik ternyata kuning telur juga banyak mengandung kolesterol.

Penyebab kolesterol tinggi sebagian diantaranya adalah makanan yang terlalu banyak lemak jenuh. Berhati-hatilah dengan makanan seperti daging sapi, kambing, susu, telur, mentega dan keju karena mengandung lemak jenuh.

Makanan2 yang mengandung minyak kelapa, minyak kelapa sawit ataupun mentega juga memiliki banyak lemak jenuh. Juga pada makanan ringan yang mengandung margarin, serta makanan yang menggunakan minyak goreng dan kue-kue.

2. Kegemukan (Berat badan)

Kelebihan berat badan bukan hanya mengganggu penampilan, tapi lebih daripada itu, banyak efek buruk bagi kesehatan. Berat badan berlebih dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

3. Kurang olahraga

Tubuh kita "Dirancang" untuk selalu bergerak, sehingga sangat disarankan untuk banyak bergerak. Apabila tubuh kurang bergerak (olahraga) dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).

4. Umur dan jenis kelamin

Di atas usia 20 tahun, kadar kolesterol biasanya cenderung naik. Pada pria, kadar kolesterol umumnya terus menerus meningkat setelah usia 50 tahun. Pada wanita, kadar kolesterol tinggal akan turun saat menopause, setelah itu kolesterolnya cenderung tinggi seperti pada pria.

5. Penyakit tertentu

Kolesterol masih tinggi padahal anda sudah berusaha menjauhi makanan berlemak . Penyakit tertentu seperti diabetes atau hipotiroidisme dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

6. Dari anggota keluarga

Apabila salah satu anggota keluarga punya masalah kolesterol tinggi maka berhati-hatilah karena resiko anda terkena kolesterol tinggi juga bisa terjadi.

7. Merokok

Merokok bisa menurunkan kolesterol baik anda, sehingga yang beredar di tubuh hanya kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini jika tidak dikendalikan bisa berakibat fatal.

source: detikhealth
Judul: Tanda - Tanda Kena Kolesterol Tinggi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

0 komentar :


INFO PRODUK, HUB CONTACT CENTER : 08 5259 5259 11 /(0351) 3320309 ATAU Via Mail ke admin@alatterapi.co.cc
 
Free Joomla Templates Free Blogger Templates Free Website Templates Freethemes4all.com Free CSS Templates Free Wordpress Themes Free Wordpress Themes Templates Free CSS Templates dreamweaver SEO Design