Cegah Kencing Manis Dengan Minum Kopi Pahit

Bukan cuma sebagai penghangat suasana pagi hari, secangkir kopi juga bermanfaat bagi kesehatan. Bukan hanya untuk kesehatan jantung, kopi juga terbukti bermanfaat untuk mencegah kencing manis atau diabetes.

Kopi dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan zat dalam kopi dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah, dan karenanya, diabetes pun enyah. Hal ini didasarkan pada penelitian yang diadakan oleh American Journal of Clinical Nutrition.

Risiko diabetes atau kencing manis yang bisa dikurangi melalui konsumsi kopi adalah diabetes melitus tipe-2 (DM Tipe-2). Tipe diabetes ini paling banyak ditemukan, jumlahnya sekitar 90-95 % dari total seluruh pengidap diabetes termasuk yang tipe 1.

Diabetes tipe 2 pada umumnya diderita oleh orang dewasa, meski kadang-kadang anak-anak juga bisa mengidapnya. Jika diabetes tipe 1 biasanya diperoleh sebagai kelainan bawaan sejak lahir, diabetes tipe 2 lebih banyak disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Pada diabetes tipe ini, kemampuan tubuh untuk mengolah gula berkurang atau bahkan tidak berfungsi sama sekali sehingga kadar gula dalam darah menumpuk. Kompilasi dari gangguan ini cukup beragam, mulai dari gagal ginjal, kerusakan retina mata serta impotensi pada laki-laki.

Manfaat kopi dalam mengurangi risiko diabetes sebenarnya sudah dikenal lama, meski secara pasti mekanismenya belum diketahui.

Menurut para peneliti, sedikitnya ada 3 kandungan senyawa alami yang terkandung di dalam kopi dan berkhasiat mengurangi risiko diabetes yaitu kafein itu sendiri, asam kafeat dan asam klorogenik.

Dari hasil penelitian, Peserta studi yang minum 5 cangkir kopi sehari memiliki peradangan internal yang lebih sedikit (faktor risiko untuk diabetes tipe 2) daripada mereka yang tidak minum kopi.

Menurut laporan dalam jurnal itu, kopi dapat meningkatkan konsentrasi adiponektin, protein dalam tubuh yang membantu mengatur glukosa. Para peneliti berspekulasi bahwa minum kurang dari lima cangkir sehari mungkin juga bermanfaat, walaupun diperlukan lebih banyak studi lain untuk mendukung temuan ini. "Setidaknya, ini adalah temuan awal yang membawa petunjuk tentang manfaat kopi bagi pencegahan diabetes," demikian penutup laporan itu.

20 studi sebelumnya yang dilakukan di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50 persen. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Ini bukan penelitian pertama tentang manfaat kopi. Penelitian sebelumnya menunjukkan, kopi juga bermanfaat bagi pencegahan pembentukan batu ginjal, kanker usus besar, penyakit parkinson, kerusakan fungsi hati (sirosis), penyakit jantung, serta menghambat penurunan daya kognitif otak.

Riset secara konsisten juga menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko kanker hati dan kanker payudara. Kopi juga melindungi hati dari sirosis, terutama sirosis karena kecanduan alkohol.

Kopi juga ditengarai mengurangi risiko stoke. Sebuah studi atas lebih dari 83 ribu wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil yang sama.

Studi atas 4.197 wanita dan 2.820 pria di Prancis menunjukkan bahwa meminum setidaknya tiga cangkir kopi sehari dapat menghambat penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan hingga 33 persen pada wanita. Namun, manfaat yang sama tidak ditemukan pada pria. Hal ini mungkin karena wanita lebih peka terhadap kafein

source: detikhealth.com, pakarbisnisonline.blogspot.com

0 komentar:


INFO PRODUK, HUB CONTACT CENTER : 08 5259 5259 11 /(0351) 3320309 ATAU Via Mail ke admin@alatterapi.co.cc

Baca Juga

 
Free Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design